sekilas tentang KOMUNISME

Komunisme merupakan salah satu ideologi yang diperhitugnkan keberadaannya semenjak dimulainya peran-peran negara dalam hubungan Internasional. Komunisme lahir sebagai akibat dari kapitalisme di abad ke-19 yang kegiatannya hanya memberi peluang bagi individu yang dominan untuk memntingkan dirinya sendiri serta mengesampingkan buruh.

Komunisme itu sendiri sering dikaitkan dengan Marxisme dimana dalam komunisme perubahan sosial harus dimulai dari peran partai Komunis dengan Logika perubahan sosial harus dimulai dari kaum sudut bawah yang lebih dikenal dengan sebutan kaum proletar dan usaha itu akan tampak berhsil jika berada dalam naungan partai.

Komunisme sebagai alat anti kapitalisme sangat berperan dalam menggunakan sistem sosialisme sebagai media kekuasaan yang mana kepemilikan individu sangat dibatasi dengan prinsip bahwa semua kekayaan yang bermanfaat untuk rakyat dikuasai negara dengan tujuan memakmurkan rakyat bersama.

Bahkan menurut Marx komunisme itu mempunyai tendensi seperti :

Pertama, Sekelumit kecil orang kaya hidup dalam kemewahan yang berlimpah, sedangkan kaum pekerja yang teramat banyak jumlahnya hidup bergelimang papa sengsara. Kedua, cara untuk merombak ketidakadilan ini dengan jalan melaksanakan sisitem sosialis yaitu system dimana alat produksi dikuasai Negara dan bukannya oleh pribadi swasta. Ketiga, pada umumnya salah satunya jalan paling praktis untuk melaksanakan sistem sosialis ini adalah lewat revolusi kekerasan.Keempat, untuk menjaga kelanggengan sisitem sosialis harus diatur oleh kediktatoran partai Komunis dalam jangka waktu yang memadai.

Tiga dari ide pertama sudah dicetuskan dengan jelas sebelum Marx, sedangkan ide keempat berasal dari gagasan Marx mengenai “diktatur proletariat”. Sementara itu, masa kediktatoran Soviet sekarang lebih merupakan hasil dari langkah-langkah Lenin dan Stalin dari pada gagasan Marx.
Hal ini tampaknya menimbulkan anggapan bahwa pengaruh Marx dalam komunisme lebih kecil dari kenyataan sebenarnya, dan penghargaan orang terhadap tulisan-tulisannya lebih menyerupai sekedar etalasi untuk membenarkan sifat “keilmihan” daripada ide dan politik yang sudah terlaksana dan diterima.

Komunisme lahir sebagai aliran ekonomi, layaknya anak haram yang tidak disukai oleh para kapitalis. Aliran ekstrim yang menggeliat dengan esensi sama dengan sosialisme lebih bersifat ideologis dan mencoba hendak menggempur kapitalisme di antara salah satu sistem yang mapan. Walaupun esensi dari komunisme dan sosialisme sama, dalam menggapai tujuan tersebut sangat berbeda. Komunisme adalah bentuk paling ekstrim dari sosialisme yang mempunyai sistem ekonomi yang didasarkan atas sistem komando. Karena hal inilah seringkali komunis disebut totaliter dalam perekonomiannya dimana pemerintah main paksa dalam menjalankan segala kebijakannya meskipun memberi wewenang atas kepercayaan yang telah diberikan pada sistem sosial kemasyarakatan yang ada. Sistem totaliter dalam aplikasinya menransformasikan dirinya menjadi otoriter lantaran sumber-sumber ekonomi dikuasai segelintir elite yang disebut sebagai polit biro yang terdiri dari elite-elite partai komunis.

daftar pustaka :

http://eryadam.blogspot.com/2008/11/pengertian-komunisme_7485.html

http://www.greasy.com/komparta/sosialisme_dan_komunisme_2.html

Advertisements

4 thoughts on “sekilas tentang KOMUNISME

  1. ada kalimat yang menarik, yang menurut saya agak rancu…seperti ini “Komunisme itu sendiri sering dikaitkan dengan Marxisme dimana dalam komunisme perubahan sosial harus dimulai dari peran partai Komunis dengan Logika perubahan sosial harus dimulai dari kaum sudut bawah yang lebih dikenal dengan sebutan kaum proletar dan usaha itu akan tampak berhsil jika berada dalam naungan partai”.
    Sependek pengetahuan saya, Marx hanya mengagas ide ‘sama rata, sama rasa’, Marx pun juga mengaku bukan seorang komunis. Cuman, pemikiran Marx ini sempat diterjmahkan oleh pemimpin Soviet saat itu Lenin berbeda sehingga memunculkan sebuah sistem kOmunis…..
    Inti dari pandangan Marx adalah, suatu saat revolusi buruh akan terjadi untuk mencari keseimbangannya dengan para borjuis. Mereka yang merasa tertindas seuatu saat akan sadar…
    Tpi sayangnya….hal itu tidak terjadi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s